Tjabak, Lokomotif Climax satu-satunya yang pernah masuk ke Indonesia

Leave Comment

CLIMAXplate

Climax Locomotive Works

 Climax Locomotive Works, Pabrikan lokomotif asal Corry, Pennsylvania USA yang di negara asalnya pabrikan ini terkenal akan lokomotif uap yang ringan tetapi memiliki power yang besar. Lokomotif uap yang di buatpun berbeda model dan bentuk transmisinya dari kebanyakan lokomotif uap yang sudah ada. Apabila bila lokomotif uap pada umumnya penggeraknya di hubungkan langsung ke roda menggunakan batang torak (batang penghubung piston dengan roda) berbeda dengan lokomotif climax, lokomotif ini menerapkan penggerak menggunakan Gardan/AS yang sebelumnya sudah di sesuaikan melalui gear box. Posisi silinder juga tidak sejajar dengan roda, melainkan tegak lurus / miring dengan sudut 40 derajat. Sistem kerjanya tenaga dari piston di salurakan melalui batang rotak dan masuk ke dalam gearbox terlebih dahulu. Di dalam gearbox terdapat transmisi 2x percepatan. jadi tenaga yang akan di keluarkan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Keunikan yang lain dari lokomotif Climax ini adalah modelnya yang khas dan berat nya yang cukup ringan, jadi lebih cocok di pergunakan di area perkebunan/hutan yang tanahnya labil.

Steam_locomotive_climax

(lokomotif climax yang sudah tergolong modern (class C)

<—————>

Tjabak

34

(Climax Class A (seri yang sama dengan Tjabak)

Hehe untuk artikel di atas sebagai intermezoo biar kita tidak bingung apa itu lokomotif Climax.
Sekarang kita bahas lokomotif Climax yang ada di Indonesia (hindia belanda waktu itu)

Tjabak (Cabak) adalah lokomotif uap yang di operasikan oleh djatibedrijf (atau pengelola hutan jati pemerintah hindia belanda) sekitar tahun 1900an
Lokomotif ini satu satunya lokomotif Climax yang pernah ada di tanah Indonesia (sumber data yang ada), di operasikan di lintas lebar rel 1067mm, kebanyakan lokomotif yang sebelumnya beroperasi di hindia belanda waktu itu berasal dari Jerman/Belanda jadi bisa di bilang Lokomotif Tjabak adalah lokomotif unik dan langka. Lokomotif ini berdinas di area hutan jati Cepu/Bojonegoro Jawa Timur. Sesuai dengan spesifikasi dan peruntukannya tugas utama lokomotif ini adalah mengakut kayu jati yang sudah di tebang dan di bawa ke penampungan kayu. Model lokomotif Tjabak sendiri adalah Climax Type A, yaitu lokomotif uap Climax edisi pertama, walau sudah sedikit jauh berbeda dengan pendahulu-pendahulunya lokomotif ini terlihat masih terlalu kuno modelnya.

Sampai sekitar tahun 1910an lokomotif ini masih di pergunakan oleh djatibedrijf sampai akhirnya tidak lama kemudian di gantikan lokomotif uap yang lebih baru dan lebih besar tenaganya. Akhir dari lokomotif ini kurang jelas, menurut beberapa sumber yang ada lokomotif Tjabak ini di Scrap dan di besi tuakan.

Railtransport van djati-hout,1905 copy

Lokomotif Uap Tjabak, Melintasi area hutan jati tahun 1905 (dok KITLV)

Sayang sekali, foto di atas hanya satu-satunya sumber dokumentasi yang ada.
Setidaknya kita tahu bahwa di Indonesia (hindia belanda) pernah ada lokomotif unik yang pernah melintas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *