12 Lokomotif Uap pertama OJS

Leave Comment

12 Lokomotif Uap pertama OJS.
(Oost Java Stoomtram Maatschappij) – Surabaya.

OJS tram 1 (B&R)

Lokomotif OJS 02 sewaktu masih beroperasi di jalur milik OJS.

Pada 1889 OJS sudah memulai membuka jalur operasi di Surabaya dan mengoperasikan 12 lokomotif uap tipe tram yang ke 12 unit tersebut merupakan lokomotif buatan pabrikan Breda – Backer & Rueb, Belanda.

Lokomotif seri OJS 01-12 dengan tipe 0-4-0Tr mempergunakan uap basah sebagai sumber uap penggerak dan sistem piston yang berada didalam frame lokomotif. 12 lokomotif ini merupakan kuda beban andalan OJS hingga tahun 1900an sebelum perannya digantikan oleh lokomotif yang lebih muda dan modern yaitu OJS 13 / B12.
Dari ke 12 lokomotif, 10 diantaranya dirucat pada tahun 1929 dan 2 unit lainya No 2 dan No 11 dibeli oleh perusahaan perkebunan untuk dipergunakan kembali sebagai lokomotif wisata dan pelangsir.


OJS 02 dibeli oleh SF. Tasikmadoe – Karanganyar dan berubah nomer menjadi TM IX dan difungsikan untuk lokomotif wisata / plesir dari Mangkunegaran hingga tahun 1952. Lokomotif ini fisik dan ketelnya masih asli seperti saat beroperasi di OJS.

IMG_5961 copy

Lokomotif OJS 02 – TM IX saat ini dipajang di Taman Agro Wisata Sondokoro.


Untuk lokomotif OJS 11 dibeli oleh SF. Gondang Winagoen yang kemudian diberikan nama panggilan “Simbah”. Lokomotif ini dipergunakan untuk langsiran gula / tetes tebu ke stasiun Srowot yang berada di selatan pabrik. Lokomotif ini sudah mengalami perubahan bentuk dan peremajaan ketel uap. Menurut informasi yang tersedia ketel lokomotif ini sudah diganti buatan Orenstein & Koppel – Jerman.¬†
Sebelum adanya lokomotif simbah, SF. Gondang Winagoen meminjam lokomotif 1435mm milik NISM untuk keperluan langsir. Namum setelah NISM membangun jalur 1067 di lintasan 1435mm miliknya baru pabrik ini membeli lokomotif bekas OJS untuk keperluan langsir dan masih aktif hingga akhir tahun 1987an.

IMG_9103 copy

Lokomotif OJS 11 – “Simbah” saat ini dipajang di Museum Gula – Gondang Winagoen.

Kedua lokomotif yang tersisa dari OJS ini boleh dibilang Lokomotif Uap tertua yang masih ada di Indonesia. Dibuat tahun 1889 kurang lebih usianya 131 tahun!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *