Lokomotif Diesel Ruhrthaler, Satu-satunya di Indonesia

Leave Comment

IMG_0051 copy

Emblem Lok Ruhrthaler

Ruhrthaler, atau yang lebih di kenal merknya (Ruhrthaler Maschinenfabrik Schwarz & Dyckerhoff KG, Mülheim/Ruhr – Bräutigam Ruhrthaler Transporttechnik GmbH.) Lokomotif yang mungkin sedikit asing namanya di telinga kita. Lokomotif Eropa yang biasa lalu-lalang di Jawa dan Sumatera kebanyakan adalah Krupp, Henscel, atau SLM. Lalu apa ada lok Ruhrthaler di Indonesia? Team Gali Jamban, eh maksud saya Team Jalan Baja sempat mencari informasi keberadaan lokomotif ini beberapa bulan terakhir. Dengan mencoba mencari dan menggali sumber-sumber terpercaya dari teman-teman Railfans Jerman dan Inggris. Tidak sia-sia saya berhasil mendapatkan informasi yang cukup lengkap tentang Lokomotif dan merk Ruhrthaler ini, walau kebanyakan refrensinya susah dan berbahasa jerman teka-teki lok unik ini berhasil terpecahkan.
Hari ini tepatnya 22 April 2016 berbekal beberapa foto dari Railfans luar kami mencari lok ini bukan di depo lokomotif milik PT.KAI melainkan ke Pabrik Gula Tasikmadu di Kabupaten Karanganyar Jawa tengah. Team Jalan Baja yang terdiri dari Saya dan Indra Yana (railfans lokal solo) mendatangi Tim Agro Wisata Sondokoro Pabrik Gula Tasikmadu untuk mencari informasi awal. Di penjelajahan awal ini kami belum mendapat kejelasan, karena pengelola juga tidak tahu adanya lokomotif ini. Tidak hilang akal kami ber tiga (satu lagi pengelola Agro Wisata Sondokoro Pabrik Gula Tasikmadu (pak Megantoro) mencoba menanyai karyawan Remise (rumah loko PG Tasik Madu) mendapatkan info bahwa dulu ada loko tersebut dan di simpan di “gudang” bekalang Ketelan Pabrik, kira-kira di bagian barat Pabrik. Mendapat informasi tersebut kami mencoba mencari Mandor ketelan yang kebetulan membawa kunci “gudang” tersebut. Singkat cerita berhasil menemui sang Mandor kami bergerak ke arah bangunan “gudang” tersebut, pintu di buka dan… Jackpot.! Lokomotif Diesel Yang Langka di Indonesia, Merk Ruhrthaler dan hanya satu-satunya di Indonesia Muncul..!
Kalo lokomotif seperti D300/BB300 yang di buat pada tahun 1958 dan 1959 oleh krupp, Lokomotif  Ruhrthaler ini lebih tua tahun pembuatanya.. Yaitu buatan tahun 1954! selisih 1 tahun dengan Lokomotif CC200 yang di buat tahun 1953

IMG_0039 copy

Lokomotif Ruhrthaler milik PG Tasikmadu dengan ukuran rel 1067mm
Kondisi Lokomotif Ruhrthaler milik PG Tasikmadu dengan ukuran rel 1067mm

Siapa sangka lokomotif ini adalah lokomotif langka dan bersejarah, Lokomotif Diesel pertama yang dimiliki oleh Perusahaan non Jawatan Kereta Api dan lokomotif Ruhrthaler Pertama dan yang jelas hanya Satu-satunya di Indonesia.! Kondisi lokomotif ini sebetulnya utuh, hanya kotor berdebu dan Silinder lokomotif sudah di lepas untuk dikanibal dengan loko-loko yang masih aktif (loko narrow gauge-jalur ladang)

Menurut sumber dari pegawai Pabrik lokomotif ini terkahir di jalankan tahun 1984 karena rel penghubung dari stasiun Kemiri – (Karanganyar) ke Pabrik Tasikmadu di nonaktifkan. Selanjutnya lokomotif ini hanya di simpan di dalam bangunan “gudang” ini sampai sekarang. Berbicara soal “gudang” atau yang saya sebut dengan Remise ke-2, bangunan ini di dirikan tahun 1955 jadi termasuk bangunan baru, dan yang jelas ini seperti depo lok khusus perawatan lokomotif dengan ukuran rel 1067mm dan posisinya benar-benar berada di dalam pabrik.

IMG_0102 copy

Bangunan depo Lokomotif PG Tasikmadu dengan ukuran rel 1067mm

Kembali ke lokomotif, menurut sumber data yang saya dapat dari Mr Rob Dickinson ,Mr Ray Gardiner dan Mr Joachim Lutz dari Inggris dan Jerman, Lokomotif ini memiliki Seri Pabrik 3174, Class D190 O, di buat Tahun 1954, dengan mesin Diesel 5 Silinder In Line berpendingin air, Power Out Put sebesar 190Hp dan Transmisi mekanik otomtis 4 Percepatan . Kecepatan maksimal lokomotif ini kira kira 60 Km/Jam. Lokomotif ini di Expor oleh Ferrostall ke Ducrolinde di Surabaya

Gambar teknis dan foto sewaktu di Pabrik Ruhrthaler 1954

Sayang sekali sewaktu oprasional tidak ada yang memiliki dokumentasinya dan kita hanya bisa membayangkan lokomotif futuristik ini menarik rangkaian ketel yang membawa tetes tebu dan angkutan gula ke stasiun Kemiri. Pabrik Lokomotif Ruhrthaler juga sudah tutup sekitar tahun 1990an dan sekarang kebanyakan lokomotifnya di museumkan, apakah lok D IV PG Tasikmadu ini akan mendapat nasip yang sama? Kita tunggu saja.!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *